Contoh teks MC peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, Mudah, Singkat dan Berkesan!

Rabu 19-07-2023,19:10 WIB
Reporter : Rosiana Mahmudah
Editor : Rosiana Mahmudah

DISWAY JOGJA - Tahun baru Islam, juga dikenal sebagai Hari Tahun Baru Hijriyah, jatuh pada tanggal 1 Muharram dalam kalender Hijriyah. Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah yang digunakan oleh umat Islam.

Perayaan tahun baru Islam 1 Muharram dianggap sebagai momen refleksi dan pemulihan spiritual bagi umat Islam. Sebagian mengisi hari tersebut dengan beribadah, menghadiri pengajian, membaca Al-Quran, berdoa, serta merenungkan makna dan pesan-pesan dari peristiwa sejarah yang terjadi pada bulan Muharram.

Bulan Muharram juga memiliki makna khusus bagi umat Islam, terutama karena peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada bulan ini, seperti peringatan Asyura yang menandai peringatan musibah dan kesyuhadaan Imam Husain bin Ali, cucu Nabi Muhammad SAW, dalam Pertempuran Karbala.

Perayaan tahun baru Islam 1 Muharram dianggap sebagai momen refleksi dan pemulihan spiritual bagi umat Islam. Sebagian mengisi hari tersebut dengan beribadah, membaca Al-Quran, berdoa, merenungkan makna dan pesan-pesan dari peristiwa sejarah yang terjadi pada bulan Muharram , serta m enghadiri pengajian,

D alam acara pengajian , tentu membutuhkan sosok MC yang bisa memandu acara agar berjalan dengan baik dan lancar. Jika anda ditunjuk menjadi MC, jangan khawatir. Berikut contoh teks MC acara peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445H/2023, mudah, singkat dan berkesan.

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

 

Alhamdulillahil ladzii an’amanaa bi ni'matil iimaan wal islam. Wanushalli wanusallimu ‘alaa khairil anaam, sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihii wasohbihi aj-ma’iin, amma ba’du

Yang terhormat Ustad ( ...................... ) selaku pembicara pada acara pengajian malam ini.

Yang terhormat Ustad ( ...................... ) tamu undangan khusus.

Yang saya hormati para jamaah pengajian peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 144 5 Hijriyah.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga dapat berkumpul ditempat yang Insyaallah penuh berkah ini, untuk melaksanakan pengajian umum dalam rangka memperingati tahun baru Islam, 1445 H.

Sholawat serta salam tak lupa tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita yakni Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju jaman yang terang benderang.

Izinkan saya selaku pembawa acara pada peringatan Tahun Baru Islam, membacakan susunan acara pada hari ini.

1. Pembukaan

2. Pembacaan ayat suci Al Quran dan sholawat nabi

3. Tampilan (jika diperlukan)

4. Sambutan-sambutan

5. Acara Inti (Pengajian)

6. Penutup

Memasuki acara yang pertama, yaitu pembukaan. Marilah kita buka acara kita pada hari ini dengan membac a Surat Al-Fatihah .

Acara selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Al quran dan sholawat nabi yang akan disampaikan oleh saudara (sebutkan nama), kepadanya kami persilahkan.

Shadaqallah hal Adzim, semoga yang membaca dan yang mendengarkan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Acara berikutnya adalah tampilan (jika diperlukan)

Selanjutnya adalah Sambutan-sambutan.

• Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketua panitia.

• Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh ulama setempat.

Acara yang kelima adalah acara inti, yaitu Mauidhoh Hasanah mengenai tahun baru Islam 144 H., yang akan disampaikan oleh beliau (Sebutkan nama).

Kepada Ustad (sebutkan nama ustad) saya persilahkan.

Hadirin yang dirahmati Allah, rangkaian acara demi acara telah kita lalui bersama hingga tibalah kita dipenghujung acara, yaitu penutup. Marilah pengajian pada malam hari  ini kita tutup bersama dengan bacaan hamdala, “Alhamdulillahirobbil ‘alamin”.

Saya selaku pembawa acara memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat salah kata baik sengaja maupun tidak disengaja. S emoga kita semua bisa mendapatkan ilmu dan barokah dari kegiatan ini.

Wa ssalamualaikum W r . Wb .

 

Demikian adalah contoh teks MC peringatan Tahun Baru Islam yang dilengkapi dengan muqoddimah Arab lengkap. Semoga bermanfaat.

Kategori :