5 Destinasi Wisata di Pulau Papua yang tidak ada duanya!

Sabtu 15-07-2023,20:13 WIB
Reporter : Reza Maulana Basar
Editor : Reza Maulana Basar

 

DISWAY JOGJA – Papua adalah provinsi yang terletak di pesisir utara Papua, Indonesia, yang berdiri sejak 1 Mei 1963. Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Barat dan Irian Jaya yang mencakup seluruh Tanah Papua bekas Karesidenan Nugini Barat. Nah itu sekilah tentang devinisi papua, bicara tentang papua tentu saja tidak lepas dengan kekayaan alamnya yang luas, indah nan cantik. Banyak tempat menarik di tanah papua ini, yuk kita simak.

 

Tempat wisata di Papua wajib untuk dikunjungi jika Anda datang ke Bumi Cenderawasih. Di pulau paling Timur dari Indonesia ini Anda bisa menemukan dan menikmati berbagai tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah.

 

Tak hanya alamnya saja yang indah, Papua juga menyimpan kearifan budaya lokal. Hal ini tentu akan memberikan pengalaman baru bagi Anda jika berkunjung ke Papua.

 

 

1.      Taman Nasional Teluk Cenderawasih

 

Tempat wisata di Papua pertama yang bisa dimasukkan dalam list liburan Anda ialah Taman nasional Teluk Cenderawasih. Karena hampir seluruh wilayah ini terdiri dari perairan, tak heran jika Taman Nasional Teluk Cenderawasih menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia.

 

Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang suka diving. Pasalnya, di sini terdapat beragam flora dan fauna bawah laut yang sangat menarik. Di kawasan ini Anda juga bisa pergi ke Pulau Mioswaar yang merupakan tempat di mana terdapat gua dengan sumber air panas dan kandungan belerang.

 

Selain dinikmati untuk diving dan menikmati keindahan setiap pulaunya, taman nasional ini juga biasa dijadikan sebagai pusat penelitian hiu paus atau whale shark yang dilakukan pemrintah yang bekerjasama dengan LSM dakam dan luar negeri. Secara admistratif, tempat wisata ini berada di dua kabupaten, yaitu Wondama dan Nabire.

 

 

 

2.        Danau Sentani

 

Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua dengan panorama indah dan fantastis. Danau dengan luas lebih dari 9 ribu hektare ini berada di Kabupaten Jayapura. Danau ini menjadi sumber air untuk 14 sungai besar dan kecil.

 

Dengan bentuk danau yang unik seperti amoeba, terdapat 22 pulau kecil yang menghiasi keindahan danau. Enggak heran, kalau Danau Sentani jadi lokasi wisata favorit yang ramai dikunjungi wisatawan.

Kategori :