Gudang Pengolahan Kayu di Kendal Nyaris Terbakar

Rabu 14-09-2022,19:00 WIB
Reporter : Nut Kholid
Editor : Wawan Setiawan

KENDAL (DISWAY JOGJA) - Sebuah gudang pengolahan kayu di jalan arteri Mororejo Kaliwungu nyaris terbakar.

Api sempat membakar serbuk hasil pengolahan kayu, karyawan sempat panik dan diminta meninggalkan pabrik karena banyak material mudah terbakar.

Diduga api berasal dari blower yang digunakan untuk menyedot serbuk kayu panas dan membakar serbuk. Embusan angin membuat serbuk yang terbakar kemudian membesar dan membakar tumpukan serbuk kayu di dalam gudang PT Hansa Karya Makmur.

Karyawan pabrik pengolahan kayu berupaya memadamkan api di dalam tempat pembuangan serbuk kayu.

Petugas keamanan, Rois mengatakan, api sudah terlihat di dalam gudang tempat pembuangan serbuk kayu.

Melihat kobaran api dari pembuangan serbuk kayu, petugas keamanan langsung mematikan blower dan aliran listrik di dalam pabrik. Sambil berteriak meminta tolong, sejumlah karyawan kemudian mengambil alat pemadam ringan dan menyemprotkan api ke tempat pembuangan serbuk.

”Apinya sudah terlihat di tempat pembuangan serbuk kayu, karena sudah besar saya berteriak minta tolong dan mematikan blower dan aliran listrik,” katanya.

Satu unit pemadam kebakaran dari Pos Kaliwungu yang datang ke lokasi kejadian menyemprotkan air ke dalam tempat pembuangan serbuk yang terbakar.

Petugas harus berhati-hati karena api bisa saja menyembur keluar dari serbuk yang disemprot air. Untuk meminimalisir api tidak menjalar ke bangunan gudang dan tumpukan kayu, petugas melakukan pembasahan di seluruh tumpukan serbuk kayu.

Setelah hampir satu jam dilakukan penyemprotan, api akhirnya berhasil dipadamkan.

Petugas Polsek Kaliwungu yang datang ke lokasi kejadian memeriksa sejumlah saksi dan melakukan olah tempat kejadian. Kasus kebakaran masih dalam penanganan Polsek Kaliwungu. (lid)

Kategori :