Warga Pandansari Brebes Arak Tumpeng Besar

Kamis 04-08-2022,17:00 WIB
Reporter : Teguh Supriyanto
Editor : Wawan Setiawan

BREBES (Disway Jogja) - Ratusan warga Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, mengarak puluhan tumpeng besar menuju Telaga Ranjeng. Berbagai makan olahan serta hasil bumi juga meramaikan kirab sebagai puncak kegiatan Ratiban.

 

 

 

Cuaca mendung disertai kabut tipis, namun siang itu masyarakat Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan seolah tidak merasakannya sebagai hambatan. Ratusan warga baik orang tua maupun anak-anak, berjalan kaki menyusuri jalan utama muiali  dari kantor desa menuju pelataran Telaga Ranjeng.

 

 

 

Puluhan tumpeng telah disiapkan dibawa menggunakan tandu, tampak juga diantara warga memanggul aneka olahan makanan serta hasil bumi berupa sayur mayur.

 

 

 

Ratiban menurut Kades Pandansari Irwan Susanto, adalah sebuah kegiatan yang didasari ungkapan rasa syukur warga masyarakat atas kelimpahan rezeki yang telah dirasakan warga.

 

 

 

Biasanya dilakukan pada hari Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon yang jatuh di bulan Muharam atau Suro pada kalender jawa, dan tahun ini jatuh pada Selasa, 2 Agustus 2022.

 

 

 

”Karena tujuannya adalah syukuran, acara juga diisi dengan bacaan zikir, tahlil dan doa. Kemudian ditutup dengan makan bersama nasi tumpeng,” ungkapnya.

 

 

 

Dalam kegiatan juga diisi dengan beragam pentas kesenian. Salah satunya yakni, Tari Ronggeng. Keberadaan Tari Ronggeng sendiri tidak bisa lepas sebagai salah satu kesenian bagi masyarakat Desa Pandansari dan erat kaitannya dengan pendirian pabrik teh kaligua berpuluh tahun lalu.

 

 

 

”Ratiban ini sedianya adalah tradisi budaya yang sejak lama ada, namun beberapa tahun terakhir sempat terhenti. Saat ini kembali kami hidupkan, sebagai bagian Nguri-uri Kabudayan,” ucap Irwan.

Kategori :

Terkait